Kamis, 22 Desember 2016

KISI-KISI MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN



1.      Mata kuliah metodologi penelitian adalah sebagai alat untuk menemukan kebenaran, pembuktian dan pengembangan dalam suatu penelitian baik dilakuakn mahasiswa maupun praktisi. Sebagai mahasiswa juga sebagai jembatan untuk memahami sebuah langkah-langkah penelitian yang disini adalah skripsi sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi.
2.       Metodologi penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Caranya dengan berpikir ilmiah yang  berarti kegiatan penelitian yang didasarkan pada ciri2 keilmuan (Rasional, empiris, dan sistematis). Rasional : kegiatan penelitian dilakukan dengan masuk akal, Empiris : cara2 penelitian yang dilakukan dapat diamati oleh indera manusia, sehingga dapat dilihat dan diamati oleh orang lain dan Sistematis : proses yang digunakan dalam penelitian menggunakan langkah2 tertentu yang bersifat logis.
3.       DATA YANG DIPEROLEH HARUS MERUPAKAN DATA EMPIRIS YANG MEMPUNYAI KRITERIA TERTENTU, YAITU VALID. Valid berarti derajat ketepatannya antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dikumpulkan. Untuk mendapatkan data yang valid dipelukan pengujian reliabilitas dan obyektivitas. Reliabilitas adalah derajat konsistensi data dalam interval waktu tertentu. (data sekarang sama dengan data di masa yang akan datang). Obyektifitas adalah berkenaan dengan interpersonal agreement. (kesepakatan antar banyak orang)
4.       Penelitian bertujuan untuk PENEMUAN: Data yang diperoleh peneliti benar2 data yang baru (belum diketahui), PEMBUKTIAN: data yang diperoleh untuk membuktikan keraguan terhadap informasi tertentu, PENGEMBANGAN: data yang diperoleh untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.
5.       Perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif adalah Many labels have been used to distinguish between traditional research methods and these new methods; positivistic versus postpostivistic; scientivic versus artistic research; confirmatory versus discovery oriented research; quantitative versus qualitative research. Perbedaan yang mendasar adalah Perbedaan yang mendasar dalam penelitian kuantitatif dengan kualitatif adalah pada pengukuran proses penelitian variabel.
6.       Istilah-istilah dalam penelitian:
a.       Hipotesis: dugaan sementara atau jawaban sementara rumusan maslaah
b.      Variable: SEGALA SESUATU YANG BERBENTUK APA SAJA YANG DITETAPKAN OLEH PENELITI UNTUK DIPELAJARI SEHINGGA DIPEROLEH INFORMASI TENTANG HAL TERSEBUT, KEMUDIAN DITARIK KESIMPULAN
c.       Variabel Bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat.
d.      Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.
e.      Populasi adalahSekumpulan orang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus. Populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan.
f.        Sampel adalah Semacam miniatur (mikrokosmos) dari populasinya atau merupakan bagian kecil dari suatu populasi. Data yang dipergunakan dalam suatu penelitian belum tentu merupakan keseluruhan dari suatu populasi karena beberapa kendala :
1)      Kendala biaya
2)      Kendala waktu
3)      Kendala tenaga
4)      Polulasi yang tidak terdefinisikan 
5)     Untuk mengatasi masalah dalam pemakaian data yang mengalami kendala-kendala, maka dapat dipergunakan SAMPEL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar